Jual Foto Online

4:25:00 AM
loading...

Jual Foto Online- Tidak banyak orang mengetahui bahwa hasil foto potretan mereka ternyata bisa dijual via online (internet). Banyak cara untuk berbisnis baik online maupun offline. Berbisnis online tidak harus memiliki produk atau barang bekas fisik untuk dijual di Tokopedia atau OLX. Anda bisa menjual produk digital, dari sekian banyak produk digital salah satunya adalah menjual foto (gambar) kreasi anda. Befoto kini menjadi gaya hidup sebagian besar orang Indonesia, khususnya anak muda. Apalagi, jika anda hobi traveling ke tempat wisata entah itu gunung, danau, pantai, musium atau keliling kota di dalam negeri maupun luar negeri. Istilah jual foto ini dinamakan "Stock photography" yaitu kumpulan foto yang dapat digunakan oleh biro iklan, majalah, atau pihak-pihak lain yang membutuhkan untuk digunakan sebagai ilustrasi. Foto-foto ini dijual lepas atau 'disewa' untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Situs Jual Foto Online:

Sekarang, anda rasanya bisa mendapatkan uang dengan hobi jalan-jalan anda. Syaratnya anda harus memiliki kamera, entah itu kamera dari HP atau kamera ala fotografer. Jika anda belum memiliki banyak foto indah dan bagus untuk dijual, maka mulailah dari sekarang untuk 'hunting' foto. Salah satu situs web yang menawarkan jual beli foto dari anda adalah "shutterstock". Ada banyak situs sebenarnya Jual Foto Online seperti :

  1. ShutterStock.com 
  2. Fotolia.com
  3. FreeDigitalPhotos.net 
  4. Veer.com 
  5. Alamy.com
  6. StockFresh.com
  7. Dreamstime 
  8. Depositphotos


 Saya sendiri belum pernah menjual foto via online, karena saya kurang hobi fotografi atau traveling, jalan-jalan sehingga minim foto-foto. Artikel ini, saya buat untuk memecahkan kebuntuan pengalaman bahwa terlalu banyak jalan-jalan akan menguras uang kalian. Kini anda bisa menghasilkan uang dengan berjalan-jalan khususnya ke objek wisata yang menakjubkan.

Tips Jual Foto Online:

"Shutterstock" sendiri saya tahu dari sebuah buku yang saya beli di "Gramedia Book Fair".  Sebelum anda menjual foto-foto mahakarya anda, saya akan berikan tips foto-foto yang bermutu dan layak jual. Meskipun, saya tidak punya basic atau latar belakang di bidang fotografi, setidaknya saya senang berbagi informasi dari sumber-sumber terbaik. Berikut ini, tips atau kriteria foto (gambar) bermutu dan layak dijual di situs stok foto online khususnya di Shutterstock :

  • Pastikan foto yang hendak dikirm bagus dan tidak 'noise' bila perlu pelajarilah sedikit teknik dan tips fotografi.
  • Buatlah rencana keyword (kata kunci) foto anda yang sesuai dengan objek foto yang ingin ditekankan. Judul foto juga harus benar-benar sesuai atau relevan (nyambung) dengan foto anda.
  • Jangan memakai foto model narsis. Upayakan foto bersifat komersil seprofesional mungkin. Anda bisa lihat-lihat foto majalah atau search di mbah google contoh foto yang bersifat komersil. 
  • Sertakan model release untuk foto yang ada unsur orang (model). Jika bingung apa itu model release, bisa search di 'Google'.
  • Foto tidak boleh berlogo, bermerk dan apapun yang berhubungan dengan tanda perusahaan atau orang. Misalnya : kalo ambil foto suasana lalu lintas jangan sampai ada spanduk iklan mie. Segala atribut yang ada trademark atau copyright juga dilarang seperti gambar spongebob , mickey mouse atau upin-ipin.
  • Foto yang dipilih bukan hanya bagus secara teknis, tapi harus sesuai dengan keperluan pasar. Cobalah cari dan analisis topik atau tema foto seperti apa yang banyak diminati.
  • Foto yang mengandung unsur pornografi tidak diperkenankan.

Cobalah daftar ke situs jual beli foto tersebut. Mulailah upload foto-foto terbaik anda. Tidak semua foto yang anda kirimkan akan diterima, foto-foto tersebut biasanya akan diseleksi. Semakin banyak foto anda yang diterima, semakin besar potensi penjualan foto melalui situs Jual Foto Online tersebut.

Metode Pembayaran :
Metode pembayaran bisa menggunakan beberapa alternatif di bawah ini.
1. PayPal (daftar di paypal.com) 
2. Moneybookers (daftar di moneybookers.com)

Paypal adalah instrumen pembayaran online paling populer dan banyak digunakan saat ini. Mengapa via paypal ? ini dikarenakan situs jual beli foto yang saya rekomendasikan berasal dari luar Indonesia sehingga tidak bisa langsung transfer via rekening Bank lokal. Proses pembuatan akun paypal relatif mudah dan hanya diperlukan rekening bank. Anda bisa search di 'Google' cara membuat akun paypal. Moneybookers juga merupakans salah satu instrumen pembayaran. Mekanisme pembayaran tergantung pada situs jual beli foto tersebut, namun umumnya Paypal lebih banyak digunakan.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *